Pengalaman karyawisata ke Kota Gudeg semasa SMP mendorong saya punya cita-cita baru; Pingin bisa keliling Indonesia naik motor sendirian, alias SOLO-TOUR.
Di era sekarang, itu bukan barang aneh lagi,
fakta-nya, banyak yang sudah pernah melakukan hal tersebut (bahkan dengan sepeda).
Namun, hal tersebut menjadi sangat signifikan di era orde baru tahun 80-an.
fakta-nya, banyak yang sudah pernah melakukan hal tersebut (bahkan dengan sepeda).
Namun, hal tersebut menjadi sangat signifikan di era orde baru tahun 80-an.
Boro-boro keliling Indonesia,
motor nggak punya, SIM pun tak ada.
Mau telepon aja harus cari telepon umum
yang pakai koin Rp 50 atau Rp 100.
Mau telepon aja harus cari telepon umum
yang pakai koin Rp 50 atau Rp 100.
Lobang di jalan bisa seukuran motor,
kalu kagak hati-hati, ya kejeblos sama motor-motor-nya.
Inti-nya, tidak semudah jaman sekarang;
Kalau nyasar, tinggal cek google map.
Nekat,
saya minta ijin pakai motor Honda C700 Bapak buat belajar motor,
sama seperti 2 kakak saya
yang sudah bisa naik motor gara-gara itu C700.
Wah berasa gagah,
lah wong jaman dulu yang nama-nya Astrea Grand aja
belum di-launching Honda.
Harga Premium masih Rp 150 per liter.
Dan Honda C700 itu cuma satu-satunya motor di rumah.
Tahun 1989, kedua kakak saya minta dibeliin motor baru,
Barangkali malu naik C700 tua, gengsi bos.
Ujung-ujungnya RX-king Kobra sampe di rumah.
Tapi karena tuh RX-King dibuat nge-trek terus,
dan setelah 2 kali kecelakaan parah di alami,
akhirnya orang tua saya putuskan jual tuh RX-King.
Selanjutnya, yang ada kakak saya dibelikan Astrea Grand (BULUS),
sebagai ganti RX-King Kobra.
Kalu di pikir-pikir, sayang banget,
kenapa nggak minta dibeliin Honda Astrea Star / Prima aja
yang mesin-nya lebih bagus.
Wah, saya kagak mau kalah,
cepet2 buat SIM pas ultah ke-17.
seringkali Setiap pulang sekolah,
saya pakai tuh Astrea Grand buat latihan motor;
yah mulai dari Jakarta-Tangerang dulu deh,
yang jarak-nya tidak sampai 30KM.
Kalu dua kakak saya suka ngebut2an / nongkrong di seputaran Jakarta pas malam minggu,
giliran saya ngumpet2 bawa kabur tuh Grand bulus pas minggu subuh,
pas semua orang lagi pada tidur pules.
Bawa ke Bogor / Sukabumi / Pangandaran / Anyer-Carita-Labuhan;
semua-nya wajib PP alias pulang hari;
atau saya pasti kena damprat orang serumah.
Dari pengalaman itu banyak hal yang bisa dipelajari
buat orang yang ingin solo tour naik motor;
mulai dari kesiapan motor dan kesiapan stamina fisik,
perhitungan jarak tempuh,
kebutuhan konsumsi BBM dan lokasi SPBU,
perlengkapan dan dana yang dibutuhkan,
sampai memperhitungkan jika sampai terjadi ban gembos di tengah jalan.
Sekali lagi,
waktu itu belum ada yang nama-nya internet / HP.
Semakin sering saya solo tour,
semakin banyak pengalaman di jalan,
Bagaimana meng-hapal-kan posisi lobang gede
di rute Lebak bulus-Parung-Bogor /
Cicurug-Cibadak-Cisaat-Sukabumi /
Tangerang-Balaraja-Cilegon / dll.
Jangan heran bos,
rute2 tersebut banyak dilewati truk-truk gede yang selalu kelebihan muatan,
memakan seluruh badan jalan,
dan jalan-nya kayak siput.
Waktu itu Jalan Tol Cipularang belom ada bos,
Apalagi Tol Cipali / Trans-Jawa.
Pelajaran lain adalah
bagaimana teknik aman melewati truk / bus gede
dengan motor Honda bebek yang tenaga-nya loyo
walaupun mesin sudah meraung-raung.
Tapi yang paling penting adalah,
bagaimana mengatur emosi dalam perjalanan;
Solo tour luar kota jauh berbeda dengan perjalanan jarak dekat dalam kota,
butuh emosi yang stabil biar selamat sampai tujuan.
Ingat bung,
tetap menjaga kesadaran / prinsip kehati-hatian
dan berdoa dalam hati itu wajib hukum-nya buat yang mau solo tour.
Toh resep rahasia ini sudah terbukti ampuh
selama bertahun2 saya solo tour.
Latihan berlanjut dengan motor Honda Black Astrea dan Kawasaki Kaze E,
selama tahun 1994-1996.
Tahun 1996,
Suzuki RC100 Spinter saya ajak solo tour ke Bandung,
lewat rute Jakarta-Sukabumi-Cianjur-Citarum-Rajamandala-Padalarang-Cimahi.
Latihan ini sekaligus test ketahanan mesin Suzuki RC100 Spinter;
ternyata mesin 2 tak Suzuki tetap stabil jalan di tengah hujan gede selama 7 Jam.
Tahun 1997,
setelah Suzuki Sprinter nyenggol tukang ojek di depan RS Mediros Pulogadung, ortu putuskan jual tuh motor, dan menggantikan dengan GL Pro Neotech 97 (edisi terakhir).
Wah, bener2 nikmat rasanya bawa GL Pro NT solo-tour Jakarta-Bandung.
Sayang banget, baru umur 3 bulan, motor digondol maling.
Walhasil, setelah uang klaim asuransi TLO turun,
dengan sangat terpaksa saya belikan RX-Special.
Giliran Yamaha RX-Special yang saya test solo tour ke Bandung,
walaupun tenaga, kenyamanan dan keamanan-nya jauh lebih baik dibandingkan RC100 Sprinter,
namun ketahanan mesin dua tak-nya masih dipertanyakan.
Hal itulah yang menyebabkan saya mengurungkan niat latihan solo tour keliling Pulau Jawa.
Mesin 2 tak Yamaha mungkin enak untuk rute jarak pendek (Jakarta-Bogor),
namun mesin 2 tak Suzuki lebih dapat diandalkan untuk rute jarak jauh (Jakarta-Bandung).
Sangat disayangkan,
pada waktu itu saya tidak punya kesempatan untuk test mesin Suzuki Shogun Kebo atau Yamaha Crypton;
namun saya yakin dan percaya,
kedua mesin itu sanggup untuk di ajak solo tour luar kota,
asal pantat kuat aja.
Dan perlu di ingat,
pada masa itu belum ada yang nama-nya Suzuki Thunder 250 atau Yamaha Scorpio 225;
saya yakin kedua motor Sport Touring tersebut
juga sangat layak di ajak solo tour keliling Indonesia.
Jangan bahas Motor Gede sekelas BMW R25 / R65
atau Honda Magna 750
atau Yamaha Virago
atau Harley Davidson dll ya bos,
duit-nya dari mana?
Juga jangan bahas NSR 150 atau Suzuki RGR 150 atau Yamaha Touch
yang bisa bikin pegel satu badan kalu di ajak solo tour,
Kalu buat turun balap sih enak-enak aja.
Cita-cita saya terpaksa tertunda di tahun 1998.
Era Orde Baru tumbang dan terjadi Krismon.
Perlu di-ngat,
sebelum itu, 1 liter premium masih Rp 450
kemudian naik menjadi Rp 600-700.
Pas krismon,
premium mulai merangkak naik menjadi Rp 1000 / liter.
Dari pengalaman latihan solo tour beberapa tahun,
banyak pertimbangan yang membuat saya pada akhirnya memutuskan untuk kembali ke mesin 4 tak Honda;
Walaupun di tahun 2001,
Honda Megapro engkel sudah berhasil saya beli,
tapi kewajiban cari nafkah
juga menjadi salah satu faktor cita-cita solo tour keliling Pulau Jawa tertunda lagi.
Tunggu kelanjutan cerita SOLO TOUR JAWA-BALI-LOMBOK DENGAN MEGAPRO ENGKEL - PART 2
TETAP SEHAT, TETAP DISIPLIN 3M di masa pandemi Covid 19.
hebat oom.....aku di Bogor 2x ke Jatim Nganjuk naik glp neotech 1995
ReplyDeleteSedaaappp.............Lumayan tuh gan. lewat lintas selatan medan tempurnya sedep bgt (berkelok2) di-kawasan jawa barat sampe perbatasan jateng (karesidenan Banyumas).
ReplyDeleteiya betul.....cmn aku lebih sering lewat Pantura....enak bisa main speed heheee
Delete