Capek juga rasanya naik-turun metro mini B-91 dan mikrolet M-11 ke kampus.
waktu tempuh yang harusnya cuma 30 menit, ehh bisa molor jadi 1 jam gara-gara keseringan nge-tem. Padahal mah naek motor, nggak sampai 20 menit.
Gara-gara saya ngemis-ngemis minta dibeliin motor, akhirnya ortu kasih dana 2 juta yah maklum aja, kondisi keuangan juga sedang cekak (waktu itu harga Honda Grand baru di atas 3 jutaan; harga premium masih Rp 700/liter),
Hunting iklan baris di Pos Kota (maklum, jaman dulu belum ada OLX / Toko Bagus, lah wong yang namanya yahoo dan mbah google aja belum pada lahir bro); ketemu-lah juragan yang mau lepas Suzuki Sprinter, pasang harga 2 juta, katanya motor simpenan bro!
Bener aja, setelah di-cek kondisi fisik, tuh motor masih dalam kondisi orisinil gress. Setelah tarik-ulur, disepakatilah harga 1,9 juta, lumayan!
Pas perjalanan pulang, mulai dah hal aneh terjadi.
Kog ini motor tenaga-nya kagak ada, di-gas malah nahan.
Keringat dingin mulai ngu-cur, apa salah beli motor nih?
Busyet, pas oli mesin di-kuras, warna-ya udah putih susu.
Nih motor bener-bener simpenan min (tapi sayangnya kagak di-rawat!).
Ya karena udah terlanjur beli;
oli mesin dan busi ganti baru, kop, piston, lidah membran, dan knalpot dibersihin.
Oli mesin pakai ARAL 10W/40 dengan waktu penggantian 5.000-10.000 KM (waktu itu masih murah bro, sekitar 30 ribuan, sekarang mungkin sekitar 100 ribuan, itupun kalau ada yang jual).
Oli samping pakai AGIP low-smoke; walaupun wangi-nya nggak kayak ESSO, tapi kualitas-nya nggak diragukan lagi bro! Sayang, sekarang Oli Agip sudah hilang dipasaran.
WOW, walaupun semua serba standard (termasuk knalpot), ternyata tuh Sprinter lari-nya kayak setan!
Baru tahu ternyata untuk tembus 120 KM/jam bukan hal yang sulit untuk si Sprinter.
kalu cuman ketemu GL Max aja sih nggak minder bro.
Gara-gara saya suka keluar kota naik motor sendiri, Si Sprinter di test-drive ke Jakarta - Bogor / Sukabumi / Anyer-Carita-Labuhan PP.
Ketemu lagi kelebihan Suzuki 2-tak, mesin nggak overheat dan tenaga stabil walaupun di geber jarak jauh non-stop.
Kaget-nya lagi, konsumsi BBM-nya relatif irit.
Sebelumnya, saya tes pakai Honda Grand generasi pertama (pantat monyet).
Mesin Grand di-gas poll sampe teriak-teriak, konsumsi BBM rata2 42 KM/liter.
Pakai Suzuki Sprinter, nggak butuh gas poll sampe teriak2, cuma di-urut pelan2 sampai kecepatan max, konsumsi BBM rata2 42 KM/liter - sami mawon!
Gimana konsumsi oli samping-nya?
Dijamin irit bro! Sesuai sama kantong mahasiswa yang cekak.
Sebagai gambaran, rata2 jarak tempuh harian 100KM (dalam kota dan luar kota), satu bulan sekitar 2,500KM, Oli samping tidak habis 1 liter dalam sebulan. Apalagi kalau cara nge-gas di-urut, oli samping bisa bertahan 2 bulan.
Waktunya tes touring Jakarta-Bandung.
7 jam perjalanan hujan-hujanan non-stop (stop cuma isi bensin dan makan sekali di warkop).
Nah, baru dah ketahuan kelemahan Sprinter.
Body enteng, gampang goyang ketiup angin gunung, yang pastinya mempengaruhi kestabilan berkendara. Shock-absorber depan-belakang yang cukup mumpuni tidak terlalu banyak membantu kestabilan motor di-rute luar kota, terlebih jika motor harus "makan" lobang.
Ban relatif kecil dan licin, jadi kudu pelan2 kalu nggak mau kepeleset.
Lampu kriyep-kriyep, habis mangrib cuma bisa ngikutin garis putih di tengah jalan.
mata pedes ngeliatin lampu mobil dari arah berlawanan.
Yang paling bahaya adalah pengereman-nya; nggak beda jauh sama Honda Astrea.
Asli nggak pakem, maklumlah standard rem tromol Suzuki Bebek masih di jauh bawah Yamaha Alfa atau Force One (waktu itu F1ZR belum seliweran di jalan).
Alhasil, kecepatan maksimum cuma bisa 60 KM/jam (kalau mau selamat sampai tujuan).
Karena rem yang nggak pakem itulah, akhirnya saya terpaksa jual Si Sprinter karena
doi sempat cium motor tukang ojek yang nyeberang sembarangan di depan RS dekat terminal pulogadung (lupa nama-nya).
Sayang juga sih di-jual;
coba Si Sprinter dimodalin rem cakram kayak Yamaha Champ ya!
Buat yang pernah jajal Suzuki Sprinter, boleh sharing pengalaman!
waktu tempuh yang harusnya cuma 30 menit, ehh bisa molor jadi 1 jam gara-gara keseringan nge-tem. Padahal mah naek motor, nggak sampai 20 menit.
Gara-gara saya ngemis-ngemis minta dibeliin motor, akhirnya ortu kasih dana 2 juta yah maklum aja, kondisi keuangan juga sedang cekak (waktu itu harga Honda Grand baru di atas 3 jutaan; harga premium masih Rp 700/liter),
Hunting iklan baris di Pos Kota (maklum, jaman dulu belum ada OLX / Toko Bagus, lah wong yang namanya yahoo dan mbah google aja belum pada lahir bro); ketemu-lah juragan yang mau lepas Suzuki Sprinter, pasang harga 2 juta, katanya motor simpenan bro!
Bener aja, setelah di-cek kondisi fisik, tuh motor masih dalam kondisi orisinil gress. Setelah tarik-ulur, disepakatilah harga 1,9 juta, lumayan!
Pas perjalanan pulang, mulai dah hal aneh terjadi.
Kog ini motor tenaga-nya kagak ada, di-gas malah nahan.
Keringat dingin mulai ngu-cur, apa salah beli motor nih?
Busyet, pas oli mesin di-kuras, warna-ya udah putih susu.
Nih motor bener-bener simpenan min (tapi sayangnya kagak di-rawat!).
Ya karena udah terlanjur beli;
oli mesin dan busi ganti baru, kop, piston, lidah membran, dan knalpot dibersihin.
Oli mesin pakai ARAL 10W/40 dengan waktu penggantian 5.000-10.000 KM (waktu itu masih murah bro, sekitar 30 ribuan, sekarang mungkin sekitar 100 ribuan, itupun kalau ada yang jual).
Oli samping pakai AGIP low-smoke; walaupun wangi-nya nggak kayak ESSO, tapi kualitas-nya nggak diragukan lagi bro! Sayang, sekarang Oli Agip sudah hilang dipasaran.
WOW, walaupun semua serba standard (termasuk knalpot), ternyata tuh Sprinter lari-nya kayak setan!
Baru tahu ternyata untuk tembus 120 KM/jam bukan hal yang sulit untuk si Sprinter.
kalu cuman ketemu GL Max aja sih nggak minder bro.
Gara-gara saya suka keluar kota naik motor sendiri, Si Sprinter di test-drive ke Jakarta - Bogor / Sukabumi / Anyer-Carita-Labuhan PP.
Ketemu lagi kelebihan Suzuki 2-tak, mesin nggak overheat dan tenaga stabil walaupun di geber jarak jauh non-stop.
Kaget-nya lagi, konsumsi BBM-nya relatif irit.
Sebelumnya, saya tes pakai Honda Grand generasi pertama (pantat monyet).
Mesin Grand di-gas poll sampe teriak-teriak, konsumsi BBM rata2 42 KM/liter.
Pakai Suzuki Sprinter, nggak butuh gas poll sampe teriak2, cuma di-urut pelan2 sampai kecepatan max, konsumsi BBM rata2 42 KM/liter - sami mawon!
Gimana konsumsi oli samping-nya?
Dijamin irit bro! Sesuai sama kantong mahasiswa yang cekak.
Sebagai gambaran, rata2 jarak tempuh harian 100KM (dalam kota dan luar kota), satu bulan sekitar 2,500KM, Oli samping tidak habis 1 liter dalam sebulan. Apalagi kalau cara nge-gas di-urut, oli samping bisa bertahan 2 bulan.
Waktunya tes touring Jakarta-Bandung.
7 jam perjalanan hujan-hujanan non-stop (stop cuma isi bensin dan makan sekali di warkop).
Nah, baru dah ketahuan kelemahan Sprinter.
Body enteng, gampang goyang ketiup angin gunung, yang pastinya mempengaruhi kestabilan berkendara. Shock-absorber depan-belakang yang cukup mumpuni tidak terlalu banyak membantu kestabilan motor di-rute luar kota, terlebih jika motor harus "makan" lobang.
Ban relatif kecil dan licin, jadi kudu pelan2 kalu nggak mau kepeleset.
Lampu kriyep-kriyep, habis mangrib cuma bisa ngikutin garis putih di tengah jalan.
mata pedes ngeliatin lampu mobil dari arah berlawanan.
Yang paling bahaya adalah pengereman-nya; nggak beda jauh sama Honda Astrea.
Asli nggak pakem, maklumlah standard rem tromol Suzuki Bebek masih di jauh bawah Yamaha Alfa atau Force One (waktu itu F1ZR belum seliweran di jalan).
Alhasil, kecepatan maksimum cuma bisa 60 KM/jam (kalau mau selamat sampai tujuan).
Karena rem yang nggak pakem itulah, akhirnya saya terpaksa jual Si Sprinter karena
doi sempat cium motor tukang ojek yang nyeberang sembarangan di depan RS dekat terminal pulogadung (lupa nama-nya).
Sayang juga sih di-jual;
coba Si Sprinter dimodalin rem cakram kayak Yamaha Champ ya!
Buat yang pernah jajal Suzuki Sprinter, boleh sharing pengalaman!
Comments
Post a Comment